POLA DAN JENIS TANAMAN AGROFORESTRY PADA KELOMPOK TANI HUTAN SIPATUO SIPATOKKONG DI HUTAN KEMASYARAKATAN DESA TALABANGI KABUPATEN BONE

POLA DAN JENIS TANAMAN AGROFORESTRY PADA KELOMPOK TANI HUTAN SIPATUO SIPATOKKONG DI HUTAN KEMASYARAKATAN DESA TALABANGI KABUPATEN BONE

Authors

  • Jauhar Mukti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Irma Sribianti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hikmah Hikmah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Tahnur Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Farli Alwandi Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya memahami pola dan jenis tanaman dalam sistem agroforestry, khususnya pada kelompok tani hutan Sipatuo Sipatokkong di Hutan Kemasyarakatan Desa Talabangi, Kabupaten Bone. Agroforestry merupakan sistem yang menggabungkan penanaman pohon dengan tanaman pertanian atau peternakan, yang memberikan manfaat dalam peningkatan produktivitas lahan, konservasi tanah dan air, serta mitigasi perubahan iklim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami berbagai pola tanam dan jenis tanaman yang diterapkan dalam sistem agroforestry oleh Kelompok Tani Hutan Sipatuo Sipatokkong di Hutan Kemasyarakatan Desa Talabangi, Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan dan mengklasifikasikan pola tanam dan jenis tanaman yang ditemukan di lapangan. Sistem agroforestry yang diterapkan di lahan ini meliputi tiga jenis: agrosilvikultur, agrosilvopastura, dan agrosilvofishery. Tiga pola tanam utama yang ditemukan adalah random mixture (campuran acak), alternate rows (baris alternatif), dan tree along border (pohon sepanjang perbatasan). Pola random mixture paling dominan dengan persentase 60%, diikuti oleh alternate rows 27%, dan tree along border 13%. Tanaman kehutanan yang ditemukan dalam pola agroforestry yaitu kemiri, bitti, akasia, jati, mahoni, jati putih, ketapang, mangga, jambu mete, aren, nangka, pinang, durian, dan rambutan. Tanaman komiditi pertanian/perkebunan terdiri dari kelapa, cengkeh, pala, kakao, pisang, ubi jalar, jagung, cabai, jeruk, dan rumput gajah.

References

Ardhana, I. 2011. Teknik Agroforestri di Areal Hutan Kemasyarakatan Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. Vol 16 (2): 81-90.

Faizal, M. I. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensitas Pengelolaan Hutan Rakyat dan Strategi Pengembangan Hutan Rakyat di Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Departemen Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Mulyadin, R., Surati., Ariawan, K. 2016. Kajian Hutan Kemasyaratan sebagai Sumber Pendapatan: Kasus di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Penelitian Sosial Ekonomi Kehutanan. Vol 13 (1): 13-23.

Ohorella, S. 2016. Mengenal Keragaman Agroforestri dan Kelembagaan di Maluku. Kelembagaan DAS. https://kelembagaandas.wordpress.com/kelembagaan-agroforestri/syarif-ohorella. Diakses pada tanggal 21 Juli 2024.

Paembonan, S. A., S. Millang, M. Dassir, A. Umar, B. Bachtiar, dan S. Suryani. 2020. Kajian Agroforestry Berbasis Tanaman Unggulan Propinsi Sulawesi Selatan dalam Areal KPH untuk Menunjang Ketahanan Pangan Masyarakat. BAPPELITBANGDA Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar.

Pratiwi, I. A., A. F. Sunartomo, dan L. P. Suciati. 2019. Penerapan Berbagai Pola Agroforestri Hutan Rakyat di Kabupaten Lumajang dan Potensi Pendapatannya. UNEJ e Proceeding.

Sardjono, M. A., T. Djogo, H. S. Arifin, dan N. Wijayanto. 2003. Klasifikasi dan Pola Kombinasi Komponen Agroforestri, Bahan Ajaran Agroforestri. Bogor: World Agroforestry.

Tiusmasari, S., Hilmanto, R.., dan Hermawati, S. 2016. Analisis Vegetasi dan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Pengelola Agroforestri di Desa Sumber Agung Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung. Jurnal Sylva Lestari. 4 (03): 71-82.

Vergara, N. T. 1981. Integral Agroforestry a Potential Strategy for Stabilizing Shifting Cultivation and Sustaining Productivity of Natural Environment. Working Paper, Environment and Policy. Institute, EastWest Center, Honolulu, Hawai USA.

Downloads

Published

2024-06-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Mukti, J., Sribianti , I., Hikmah, H., Tahnur, M., & Alwandi, F. (2024). POLA DAN JENIS TANAMAN AGROFORESTRY PADA KELOMPOK TANI HUTAN SIPATUO SIPATOKKONG DI HUTAN KEMASYARAKATAN DESA TALABANGI KABUPATEN BONE. Forest Services, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.62142/xhhpkb22

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>